Minggu, 27 Januari 2013

Hujan dan Cuaca Buruk, Awas Lubang Berjalan dan Pohon Tumbang

Hujan dan Cuaca Buruk, Awas Lubang Berjalan dan Pohon Tumbang


Beberapa pekan ini, Indonesia dan dunia pada umumnya, mengalami cuaca buruk. Hujan disertai angin kencang melanda beberapa wilayah di seputaran Jabodetabek. Kejadian ini diprediksi masih akan terus menghampiri pengendara dalam beberapa waktu ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa cuaca ekstrem seperti ini akan berlangsung hingga Febuari 2013. Dan dalam enam bulan mendatang, masyarakat diminta untuk ikut mengantisipasi keadaan ini.

Seperti ketika menghadapi lubang berjalan. Dibilang berjalan karena jumlahnya sudah terlalu banyak bermunculan. Maklum, habis rutin kena guyur hujan. Kerusakan terjadi akibat sistem drainese jalan buruk. Genangan air merusak aspal jalan.

Tinggtinya curah hujan membuat beberapa infrastruktur jalan menjadi rusak. Kondisi jalanan berlubang ditemui hampir di setiap lokasi jalan.

“Bahayanya lagi kalau jalan berlubang tadi tertutup genangan air. Ini paling sering bikin celaka,” bilang Aldino Sylvianto, pengendara Honda Supra X 125 yang tinggal di Tangerang, Banten.

Ia sempat merasakan di Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat. Cowok gemuk ini masih bisa mengendalikan kendaraannya. “Tidak sampai jatuh. Tapi bisa dipastikan pelek rusak,” katanya.

Hujan disertai angin kencang membuat beberapa pohon dan baliho jadi rentang tumbang. Perlu waspada ekstra ketika berkendara dengan kondisi cuaca seperti sekarang.

Kombes Chrysnanda Dwilaksana, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau kepada semua pengendara untuk mewaspadai kondisi cuaca yang terjadi seperti sekarang ini. “Kalau sekiranya membahayakan menepi saja,” ajak Chrynand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar