Minggu, 27 Januari 2013

Perbedaan Yamaha Vega ZR dan Vega R

 Yamaha Vega-ZR
Yamaha Vega ZR yang menurut PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) merupakan benar-benar hasil pengembangan dari generasi Vega R dan tidak sekedar ganti baju belaka. Vega ZR merupakan jawaban atas permintaan konsumen yang menuntut perubahan secara menyeluruh baik tampilan sampai mesin yang digunakan. Apa memang signifikan perbedaan antara Vega ZR dan Vega R? mari coba kita bahas.

Performa Mesin
Walau Vega ZR memiliki jumlah CC lebih besar 3,4CC bukan jaminan ZR lebih ganas dibanding Vega R, bila digunakan untuk berboncengan ZR hanya mampu berlari hingga kecepatan 90km/jam, sedang Vega R mampu berlari hingga 100km/jam. Sedang bila dikendarai sendirian Vega ZR mampu menembus angka 110km/jam dan 120km/jam untuk Vega R.
Perpindahan gigi pada Vega ZR terasa lebih halus dan ringan karena mengadopsi sistem kopling tipe diafragma tidak seperti Vega R yang masih menggunakan model pegas, selain itu perbandingan gigi rasio Vega ZR juga lebih rapat sehingga memberikan respon tenaga yang lebih baik.
Konsumsi BBM
Dengan bahan bakar premium, Vega ZR dapat menempuh 46,26 km/liter, sedang Vega R hanya sanggup menempuh 43,90 km/liter.
Kenyamanan Berkendara
Vega ZR memiliki posisi berkendara lebih nyaman dibanding Vega R, jarak dan lebar setang, posisi duduk dan pijakan kaki Vega ZR memiliki komposisi yang pas. ZR juga didesain lebih bersahabat dengan kaum hawa yang berpostur tubuh antara 155-160 cm, karena posisi jok Vega ZR lebih rendah 5 mm dibanding Vega R, selain itu penampang jok lebih luas.
Yamaha Vega-R
Untuk kegesitan membelah kemacetan kota, Vega R lebih unggul dibanding Vega ZR, hal ini mungkin karena bobot Vega R lebih ringan 1,9kg dibanding Vega ZR, selain itu ukuran wheelbase Vega R menggunakan ukuran 1195 mm, sedang Vega ZR menggunakan ukuran 1235 mm. Tetapi bila digunakan untuk jalur luar kota, Vega ZR lah juaranya, karena Vega ZR lebih mantap dan stabil meski dikebut hingga top speed. Tipe sokbreker belakang Vega ZR menggunakan tipe baru yang memiliki diameter as lebih besar 2 mm dibanding Vega R, disamping berukuran lebih besar diameternya sok itu juga lebih pendek sehingga mengurangi efek ayun, akibatnya peredaman Vega ZR terasa sedikit kaku daripada Vega R.
Kesimpulan
Kelemahan Vega ZR hanya di performa mesin, selebihnya bisa dikatakan Vega ZR lebih unggul dibanding Vega R. Mulai dari sisi stabilitas, posisi berkendara hingga konsumsi bahan bakar. Kedepan YMKI berencana mengembangkan performa mesin ZR karena melihat spesifikasinya memang mesin ini masih punya banyak peluang untuk dikembangkan.
Perbandingan Singkat
Vega R
- Kapasitas mesin : 110,3 cc
- Daya maksimum : 6,6 kw/8.000 rpm
- Torsi maksimum : 9,0 Nm/5.000 rpm
- Diameter x langkah : 51×54 mm
- Panjang x lebar x tinggi : 1890 x 675 x 1030 mm
- Jarak sumbu roda : 1195 mm
- Jarak terendah : 146 mm
- Berat : 95,1 kg
- Kunci jok : body samping
- Lampu sein : pada batok
- Indikator gigi persneling : ada
- Behel : pipa kotak
- Dudukan footstep belakang : dari cor
- Air induction system : di samping mesin
- Harga : Rp.11.500.000 ( OTR Jakarta)
Vega-ZR
- Kapasitas mesin : 113,7 cc
- Daya maksimum : 6,0 kw/7.500 rpm
- Torsi maksimum : 8,3 Nm/4.500 rpm
- Diameter x langkah : 50×57,9 mm
- Panjang x lebar x tinggi : 1930 x 660 x 1055 mm
- Jarak sumbu roda : 1235 mm
- Jarak terendah : 126 mm
- Berat : 97 kg
- Kunci jok : body belakang
- Lampu sein : pada dek
- Indikator gigi persneling : hanya netral dan top
- Behel : pipa silindris
- Dudukan footstep belakang : dari pipa bulat
- Air induction system : di atas mesin
- Harga Rp. 11.800.000 (OTR Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar