Minggu, 27 Januari 2013

Modifikasi Motor Honda BeAT


Modifikasi Motor Honda BeAT. Drag Bike N Road Race Only



Modif Honda BeAT, Square Jawara Kelas 150 cc

modifikasi motor beat drag
Square alias sama antara diameter x stroke piston, jadi kunci kemenangan drag bike kelas 155 cc. Tepatnya di Honda BeAT pacuan Ardiansyah Ucil dari tim Hariot Key Speed, Bandung. Juara 1 pada pentas adu kebut trek lurus di Harapan Indah, Bekasi beberapa waktu lalu.
Konstruktor alias perancang mesin BeAT sanggup 8,61 detik di trek 201 meter ini, yaitu duet maut antara Rio Teguh dan Kentardima. Mereka sukses membuat square antara diameter x stroke piston yaitu 58 x 58 mm.
Di atas kertas, bisa dihitung. “Kapasitas silinder mencapai 153,2 cc,” jelas Rio Teguh yang anak dari mantan orang nomor satu di Jawa Barat itu.
modifikasi motor beat dragUntuk membuat square dengan hitungan diameter x stroke 58 x 58 mm, paling awal dicari piston dahulu. “Dianggap paling pas adalah piston Honda Sonic. Tentunya dicari versi yang orisinal supaya lebih tahan gebuk,” tambah Kentar.
Piston ini dianggap lebih ringan dibanding piston lain. Kekuatannya juga terjamin karena yang dipakai orisinal Honda Sonic. Asyiknya lagi, lebih pendek dari piston standar BeAT. Sehingga posisinya lebih mendem dan tidak perlu lagi pakai paking tebal untuk bisa naik stroke.
Piston Sonic juga punya lubang pen yang sama dengan BeAT. Yaitu 13 mm. Sehingga memang lebih menguntungkan. Klop sama lubang setang piston standar.
Selanjutnya tinggal membuat agar stroke Honda BeAT jadi pas 58 mm. “Cukup pakai pen stroke 1,5 mm. Penambahan stroke jadi 3 mm,” timpal Kentar lagi.
Kondisi standar, stroke atau langkah piston Honda BeAT yaitu 55 mm. Ditambah kenaikan 3 mm, stroke akhirnya jadi 58 mm. Kondisi ini membuat BeAT jadi benar-benar square.
modifikasi motor beatMesin square punya keuntungan. Antara power dan torsi jadi seimbang. Didapatkan torsi besar namun putaran mesin juga cepat naik. “Dari hasil dynotest power 19,2 dk,” beber Kentar.
Tinggal bermain di kepala silinder. “Kunci tenaga mesin 4-tak adanya di head. Dan bagian itu memang Tetap harus digarap serius,” sambar Rio Teguh. Kepala silinder cukup menggunakan klep Honda Sonic. Ukuran katup isap 28 mm dan buang 24 mm.
Durasi 265 derajat
Ukuran lubang inlet juga ikut mempengaruhi power. Dipadukan dengan klep Sonic itu, Kentar korek lubang isap sampai 26 mm. Untuk lubang buang 23 mm.
modifikasi motor beatBaru kemudian dipadukan dengan kem Kawahara yang durasinya diatur ulang. “Kem isap dan buang dibuat sama-sama membuka selama 265 derajat,”kompak Rio dan Kentar yang mau buka speed shop di Jl. Mohamad Toha No. 274, Bandung.
Kem isap dan buang irama membukanya dibuat sama. Klep isap membuka 25 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah).
“Sedang klep buang membuka 60 derajat sebelum TMB dan nutup 25 derajat setelah TMA,” jelas Rio yang mulai buka bengkel akhir bulan ini.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Vee Rubber 60/80×17
Ban belakang :
Vee Rubber 50/90×17
Pelek depan : Exel Takasago 1,20×17
Pelek belakang: Exel Takasago 1,40×17
Kentar : 0856-2000-782

Honda BeAT, Andalkan Klep Sonic

modifikasi motor beAT road race
Klep Honda Sonic dipakai buat kejar durability di Honda BeAT geberan Andri Wibowo yang main di kelas MP7 (matik standar 130 cc). Bahkan, lewat klep ini juga podium utama di ajang MotoPrix seri III region 2 berhasil diinjaknya di Sirkuit Gokart Sentul.
“Pakai klep Sonic, tenaga motor seperti enggak ada drop-nya. Malah di lap 6 keatas, tenaga makin enak. Sementara motor lain mulai drop. Kalau diameter batang sih sama aja, mungkin materialnya yang beda,” kata Andri yang pembalap sekaligus merangkap jadi mekanik di tim Honda Dumasari Bostar INK.
Tapi, buat main di kelas MP7, tentunya diameter klep harus sesuai standar bawaan pabrik. Maka itu, diameter Sonic dibuat jadi 25 mm (in) dan 21 mm (ex).
modifikasi motor beAT road race
Klep Sonic yang diandalkan diputar kem berdurasi 262ยบ. Tapi selain itu, dikombinasi lewat kompresi 12,8 : 1. Kompresi ini didapat dari pemakaian blok silinder set Kawahara piston 54,5 mm.
“Kalau standarnya tanpa papas kem, kompresi sudah main di 13,3 – 13,5 :1. Tapi, buat cari aman, dome piston dipapas sedikit-sedikit sampai dapat kompresi 12,8 : 1,” tutup pria 25 tahun itu.
DATA MODIFIKASI
Ban : FDR 90/80-17
Roller : Kawahara 7 gram
Kampas CVT : Kawahara
Sok belakang : YSS Click
Per CVT : Kawahara 1.500 rpm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar